WELCOME WITH US

Komunitas Instant Page, [04.05.21 20:11]
ASSALAMUALAIKUM SELAMAT DATANG SAHABAT SUKSES SALAM INDONESIA SEHAT DARI KAMI AMARTHA GROUPS
goparipung Amartha, [04.05.21 20:12] Sricpt HTML Iki

20 Mar 2012

KINEROS

Pengenalan Program Kineros

Kineros adalah paket program GIS Hidrologi yang dikembangkan oleh developed by the USDA-ARS Southwest Watershed Research Center dengan satuan paket model bernama Automated Geospatial Watershed Assessment (AGWA) - A GIS-Based Hydrologic Modeling.
AGWA menyediakan fungsionalitas untuk melakukan semua tahap perhitungan dalam skala luasan DAS untuk dua model yaitu the Soil Water Assessment Tool (SWAT); and the Kinematic Runoff and Erosion model, KINEROS2.  SWAT, yang dikembangkan oleh Agricultural Research Service AS, adalah digunakan untuk perhitungan pemodelan Watersheed dengan skala luas yang besar dengan simulation time periode yang panjang
Sedangkan KINEROS, yang juga dikembangkan oleh Dinas Pertanian AS Riset, adalah
untuk perhitungan pemodelan hidrologi untuk skala satuan luas yang kecil (<100 km2) Catatan : Time Simulation yang pendek yaitu dengan intensitas hujan jam-jaman.
Dalam Penulisan tema kali ini kami hanya akan membahas tentang KINEROS, dikarenakan banyaknya mahasiswa/atau peneliti yang kurang begitu pas saat melakukan pemilihan Model Hidrologi KINEROS ini yang akan dipakai untuk tujuan penelitiannya. KINEROS ini memang dikembangkan untuk tujuan yang bisa dibilang lebih spesifik, yaitu :
  
     I.            Jika anda akan menganalisa tentang pola sistem siklus hidrologi dengan waktu simulasi yang panjang (misal Pola Hidrologi tahun 1990-2010) maka akan tidak tepat jika kita memilih menggunakan KINEROS
    II.            Jika pemodelan kita menggunakan banyak pengaruh stasiun hujan maka juga akan tidak tepat jika kita menggunakan KINEROS, namun jika dipaksakan harus menggunakan paket model ini dan untuk menganalisa term of hidrologi dalam rentangan intensitas kala ulang hujan, maka anda perlu secara konvensional mengevaluasi rerata hujan daerah yang anda analisa.
 III.            KINEROS akan sangat tepat dipilih jika kita ingin menganalisa term of Hidrologi dengan desain analisa hujan rancangan daerah studi, misal untuk merencanakan kapasitas saluran drainase dengan kala ulang 10 tahunan, karena jika kita menggunakan SWAT maka keinginan hasil yang langsung oleh pemodelan SWAT tidak bisa mendapatkan hasil pemodelan akibat desain hujan rancangan kita.
 IV.            Pemakaian model KINEROS jika kita tidak memiliki data intensitas hujan jam jaman maka kita dapat memakai hasil pengolahan data intensitas hujan jam jaman, disaran kan tidak memakai pembangkitan hujan jam jaman menggunakan model mononobe anda akan tahu dengan sendirinya kenapa alasannya. Lebih tepatnya menurut saya jika kita menggunakan pembangkitan model genta seperti yang dikembangkan di Indonesia dengan memakai model genta PSA 007 ( Akan lebih gembira jika kami dibantu atas penelitian hidrologi tentang Model Developt for hours of the time rainfall characteristics in indonesia as spatial area)
    V.            Pembacaan Hasil : Sering terjebak dalam pembacaan hasil untuk limpasan permukaan lahan di satuan mm runoff/H20. Hasil tersebut bukanlah hasil tinggi genangan namun hasil tersebut masih merupakan hasil intensitas hujan yang berlebih dilahan / Melimpas.
 VI.            Selamat berkarya di pemodelan KINEROS
Syarat bagi pengguna baru :
1.      Kenali lebih dalam tentang GIS
2.      Kenali Lebih Dalam tentang Delineate Watersheed --> contur data, DEM, dan Logika Aliran pada lahan (Jika Perlu boleh saya katakan kembangkan kemampuan pembuatan cachtmen area secara manual terlebih dahulu)
3.      Pematangan hidrologi dasar
4.      Jangan Ragu ragu untuk Mencoba


Sekian Terimakasih 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ROAD SUMBAWA

Bulan Januari team Amartha melakukan road to sumbawa dompu dan bima. Perjalanan ini adalah untuk melakukan Ritial Bendungan,diantaranya adal...