WELCOME WITH US

Komunitas Instant Page, [04.05.21 20:11]
ASSALAMUALAIKUM SELAMAT DATANG SAHABAT SUKSES SALAM INDONESIA SEHAT DARI KAMI AMARTHA GROUPS
goparipung Amartha, [04.05.21 20:12] Sricpt HTML Iki

23 Mei 2012

MATERI APLIKASI PEMODELAN HIDROLOGI GIS AVSWAT 2000 UNTUK BIDANG SIPIL PENGAIRAN DAN PERTANIAN

Berikut Beberapa Isi dari Materi Buku Amartha Groups yang ingin segera di terbitkan
semoga dapat terwujud dan lancar

Pengantar
Puji dan syukur saya panjatkan hanya kepada Allah SWT, dan terimakasih saya ucapkan kepada kedua orang tua tercinta, Universitas Brawijaya sebagai tempat mengenyam pendidikan dan ilmu pengetahuan yang sudah saya dapatkan, dan guru guru semua yang mendidik saya mulai kanak kanak hingga mendapat kesempatan mengenyam dunia pendidikan hingga jenjang S2.
Berdasar pengalaman yang saya dapatkan dalam menempuh proses pendidikan selama ini, saya merasa begitu cepat dan hebat perkembangan teknologi di seluruh dunia, demikian juga perkembangan di dunia pendidikan khususnya perkuliahan. Salah satu pengalaman yang pernah saya geluti dimasa kuliah S1 dan S2, adalah mengenyam bidang Pemodelan Hidrologi berbasis GIS yaitu AVSWAT 2000.
Sejalan perkembangan tersebut, sangat disadari untuk mengikutinya dibutuhkan sarana dan media  seperti media internet, Pustaka Buku, Perpustakaan, dan lain-lain. Dimana berdasarkan pengalaman saya bahwa untuk mengikuti perkembangan teknologi dan perkembangan penelitian penelitian  yang ada pada seluruh institusi pendidikan di seluruh dunia ini, dibutuhkan ketelitian dan kesabaran untuk menelusurinya, khususnya pemakaian layanan media internet. Pada kesempatan penyusunan penulisan ini adalah mewujudkan keinginan saya untuk ikut berperan dalam berbagi pengetahuan kepada seluruh masyarakat Indonesia khususnya mahasiswa Indonesia. Ide dan materi penulisan ini memang diperuntukkan secara khusus bagi saudara-saudara mahasiswa sarjana muda.
Secara diskriptif penulisan ini memberikan gambaran tentang berbagai terapan studi yang dapat dilakukan dengan menggunakan Aplikasi Pemodelan Hidrologi berbasis ilmu Sistem Informasi Geografis (GIS). Sehingga secara diskriptif penulisan ini memiliki ide tujuan untuk memberikan wacana kepada mahasiswa tentang keragaman judul studi yang dapat digunakan untuk penelitian dan penulisan Studi Akhir. Disamping memuat uraian secara diskriptif, penulisan ini juga dimasudkan sebagai pedoman rangkaian penggunaan Aplikasi dasar Pemodelan Hidrologi AVSWAT 2000, dimana dalam penulisan ini hanya memaparkan tentang penerapan hasil AVSWAT 2000 terhadap berbagai macam judul dan tujuan jenis studi, dan juga memaparkan data-data input yang dibutuhkan AVSWAT 2000 untuk analisa pemodelannya, dengan harapan lain bahwa dikemudian hari terwujud penyediaan data data yang lebih bagus dan akurat yang dikembangkan oleh civita akademis Indonesia yang berkembang lebih lanjut kepada Intitusi Pemerintah dan Swasta di Indonesia.
Semoga penyusunan penulisan ini bermanfaat bagi semua akademisi khususnya sadara-saudara mahasiswa sarjana muda, terimakasih atas saran saran yang saya terima dan mohon maaf atas kekurangan yang saya sadari dalam penyusunanan tulisan ini.
Umum
Penulisan pada Bab ini adalah memaparkan tentang aplikasi hasil dan analisa yang dapat diterapkan untuk berbagai macam judul studi dengan menggunakan simulasi pemodelan hidrologi AVSWAT 2000. Kekhususan bidang yang akan dibahas dalam penyusunan penulisan ini adalah untuk Bidang Sipil Pengairan dan Pertanian.
Berbagai keahlian yang dapat diterapkan untuk masing-masing bidang tersebut diatas adalah seperti berikut :
Bidang Sipil Pengairan
1.       Keahlian Hidrologi
2.       Keahlian Kualitas Air
3.       Keahlian Managemen Pengelolaan DAS
4.       Keahlian Perencanaan Irigasi
Bidang Pertanian
1.       Tanah
2.       Air dan Tanaman
3.       Konservasi Lahan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ROAD SUMBAWA

Bulan Januari team Amartha melakukan road to sumbawa dompu dan bima. Perjalanan ini adalah untuk melakukan Ritial Bendungan,diantaranya adal...