Penelitian ini adalah bertujuan untuk menganaisa pola aliran di sekitar Piar jembatan pada Sungai Grindulu yang terjadi dengan adanya rencana pembangunan jembatan Jalan Tol Lintas Selatan.
Penelitian ini menggunakan alat bantu paket pemrograman model numerik SMS 8.01.
Berikut hasil dari penelitian ini :
Berdasarkan
hasil profil memanjang potongan A-A tersebut diatas kecepatan yang menghantam
pilar adalah 1,651 m/det kemudian di hilir pilar kecepatan meambat menjadi 0.224
m/det kemudian meningkat hingga kecepatan normal debit aliran 2,515 m/det.
Pada
Pilar sebelah kanan, kecepatan aliran di depan pilar sebesar 0,388 m/det dan di
hilir pilar 0.171 m/det dan terdistribusi meningkat hingga kecepatan normal
debit aliran yaitu sebesar 2,547 m/det.
Berdasarkan hasil diatas Nampak bahwa hasil simulasi numeric
aliran pada Sungai Grindulu Rencana Pembangunan Jembatan, 2 Pilar mempengarui
distribusi kecepatan pada Sungai Grindulu yaitu pada bagian Tengah Pilar dan
bagian Pilar Sebelah Kiri Aliran, dengan kecepatan antara 2,56 m/det hingga
3,15 m/det.
Pada hasil
kajian studi hidrodinamik aliran Sungai Grindulu dan Sirnoboyo berkenaan adanya
rencana pembangunan Jembatan, maka direkomendasikan beberapa treatment untuk
mengamankan morfologi sungai yaitu :
1.
Pada Sungai Grindulu perlu ditambahkan struktur perkuatan dasar
sungai berupa groundsill yang disusun dari material bronjong, yang dipasang
pada dasar sungai penampang bagian tengah antar pilar
2.
Pada sungai Grindulu penampang sungai bagian kiri aliran,
diperlukan perkuatan tebing dan perkuatan dasar agar tidak terjadi gerusan lokal
dan menyebabkan keruntuhan tebing penampang sungai.
Obat Tradisional Jelly Gamat
BalasHapusObat Gondok
Obat ASI tersumbat
Obat Infeksi Gusi
Obat Alternatif TBC Anak
Obat Menormalkan Gula Darah Tradisional
Obat Menormalkan Asam Urat