WELCOME WITH US

Komunitas Instant Page, [04.05.21 20:11]
ASSALAMUALAIKUM SELAMAT DATANG SAHABAT SUKSES SALAM INDONESIA SEHAT DARI KAMI AMARTHA GROUPS
goparipung Amartha, [04.05.21 20:12] Sricpt HTML Iki

3 Feb 2015

SMS 8.01 Analisa Pola Aliran Di Pilar Jembatan Sungai Grindulu






Penelitian ini adalah bertujuan untuk menganaisa pola aliran di sekitar Piar jembatan pada Sungai Grindulu  yang terjadi dengan adanya rencana pembangunan jembatan Jalan Tol Lintas Selatan.
Penelitian ini menggunakan alat bantu paket pemrograman model numerik SMS 8.01.
Berikut hasil dari penelitian ini :




Berdasarkan hasil profil memanjang potongan A-A tersebut diatas kecepatan yang menghantam pilar adalah 1,651 m/det kemudian di hilir pilar kecepatan meambat menjadi 0.224 m/det kemudian meningkat hingga kecepatan normal debit aliran 2,515 m/det.




Pada Pilar sebelah kanan, kecepatan aliran di depan pilar sebesar 0,388 m/det dan di hilir pilar 0.171 m/det dan terdistribusi meningkat hingga kecepatan normal debit aliran yaitu sebesar 2,547 m/det.



Berdasarkan hasil diatas Nampak bahwa hasil simulasi numeric aliran pada Sungai Grindulu Rencana Pembangunan Jembatan, 2 Pilar mempengarui distribusi kecepatan pada Sungai Grindulu yaitu pada bagian Tengah Pilar dan bagian Pilar Sebelah Kiri Aliran, dengan kecepatan antara 2,56 m/det hingga 3,15 m/det.



Pada hasil kajian studi hidrodinamik aliran Sungai Grindulu dan Sirnoboyo berkenaan adanya rencana pembangunan Jembatan, maka direkomendasikan beberapa treatment untuk mengamankan morfologi sungai yaitu :
1.                  Pada Sungai Grindulu perlu ditambahkan struktur perkuatan dasar sungai berupa groundsill yang disusun dari material bronjong, yang dipasang pada dasar sungai penampang bagian tengah antar pilar
2.                  Pada sungai Grindulu penampang sungai bagian kiri aliran, diperlukan perkuatan tebing dan perkuatan dasar agar tidak terjadi gerusan lokal dan menyebabkan keruntuhan tebing penampang sungai.

1 komentar:

ROAD SUMBAWA

Bulan Januari team Amartha melakukan road to sumbawa dompu dan bima. Perjalanan ini adalah untuk melakukan Ritial Bendungan,diantaranya adal...