WELCOME WITH US

Komunitas Instant Page, [04.05.21 20:11]
ASSALAMUALAIKUM SELAMAT DATANG SAHABAT SUKSES SALAM INDONESIA SEHAT DARI KAMI AMARTHA GROUPS
goparipung Amartha, [04.05.21 20:12] Sricpt HTML Iki

5 Mar 2012

framework of ideas Aplication GIS And Environment

Sebagai kerangka dasar ide kegiatan studi ini adalah : adanya kekhawatiran akan penambahan jumlah penduduk yang melebihi kapasitas ruang lahan dan terwujudnya  pemusatan penduduk pada kawasan kota, sehingga berakibat besar terhadap potensi kerusakan lingkungan àmeningkatnya laju limpasan permukaan lahan, berkurangnya kemampuan resapan lahan, berkurangnya area hijau, pencemaran air dan tanah, penumpukan sampah, kekritisan kuantitas dan kualitas Sumber Daya Air.
Kekhawatiran tersebut diatas dibutuhkan kegiatan monitoring, evaluasi dan pencegahan sejak dini, salah satunya lewat studi yang berbasis ilmu Sumber Daya Air dan Keruangan.

Kegiatan monitoring adalah melakukan pendataan, pemantauan, pemetaan yang berkaitan dengan perkembangan kependudukan dan wilayah pemukiman, dengan cara penginderaan citra satelit atau peta Rupa Bumi Indonesia wilayah studi, dan fungsi kawasan berdasarkan data RTRW, pengumpulan data kependudukan, yang hasil dari monitoring tersebut dikumpulkan menjadi data base kependudukan. Pembuatan data base ini dibutuhkan sarana teknologi digital yang bagus, yaitu GIS (Geografis Informasi System). Dengan bantuan SIG maka konetivitas data dan informasi akan menjadi lebih mudah dan hasil dari data base tersebut dapat digunakan untuk analisa analisa lainnya. Melakukan Mampu SIG adalah sarana digital yang mampu menggambarkan lokasi wilayah,karakteristik lahan, karakteristik hidrologi,karakteristik social dan lain lain, serta mampu melakukan pencatatan data-data table dalam satu kesatuan utuh sebagai data base.
Kegiatan Evaluasi adalah : kegiatan evaluasi hasil kegiatan monitoring diatas, yang mencakup kegiatan evaluasi proyeksi jumlah penduduk, evaluasi sebaran penduduk, pemusatan wilayah, pemetaan isian dan fungsi lahan, evaluasi rencana penataan kawasan RTRW,RDTRK, evaluasi Sumber Daya Air (Hidrologi besar limpasan permukaan lahan, besar erosi sedimentasi, potensi sebaran polutan).
Kegiatan Pencegahan : merupakan rencana desain untuk mengatasi resiko pemadatan penduduk di wilayah studi, dan desain rencana perbaikan dan pengelolaan lingkungan.
Berikut adalah gambaran dari kerangka ide kegiatan studi ini :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ROAD SUMBAWA

Bulan Januari team Amartha melakukan road to sumbawa dompu dan bima. Perjalanan ini adalah untuk melakukan Ritial Bendungan,diantaranya adal...